Wantannas RI Kaji Sumsel sebagai Role Model Ketahanan Pangan Nasional

Nasional174 Dilihat

Palembang,  – Gubernur Sumatra Selatan, H. Herman Deru (HD) menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Sekretaris Jendral (Sekjen) Dewan Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Wantannas) RI Laksamana Madya TNI (Purn) Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos, S.H, M.H, M.Tr dalam rangka menyoroti tentang optimalisasi program peningkatan penyediaan pangan nasional berbasis korporasi petani dalam rangka keamanan nasional bertempat di Ruang Tamu Gubernur Sumsel, Selasa (7/3/2023).

Berkaitan dengan agenda Kunker yang dilakukan, HD menyampaikan bahwa Sumsel saat ini merupakan daerah yang dalam proses menuju provinsi yang mandiri pangan khususnya beras.

“Jika berbicara soal beras kita sudah surplus sekitar 1 juta ton. Untuk saat ini yang menonjol adalah beras di Sumsel,” ungkap HD.

Melalui kesempatan itu, HD juga menyampaikan harapannya agar Harga Pokok Penjualan (HPP) dapat dikeluarkan tepat waktu agar tidak adanya permainan harga oleh pedagang di pasar.

HD juga menyarankan agar Sekjen Dewan Ketahanan Nasional Republik Indonesia beserta pendamping dapat mengunjungi dinas-dinas terkait selain dari Dinas Pertanian, seperti Dinas Ketahanan Pangan, dan Dinas Perkebunan agar mengetahui kondisi dan permasalahan yang akan menjadi second opini dalam menyusun rekomendasi yang dibuat.

Sementara itu Sekjen Wantannas RI, Laksamana Madya TNI (Purn) Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos, S.H, M.H, M.Tr mengatakan apa yang sudah dilakukan oleh Sumsel , yang telah baik bisa menjadi role model bagi daerah lainnya, coba kita angkat dan kita sempurnakan lagi untuk menjadi ketahanan pangan nasional.

Dilanjutkannya bahwa setelah kunjungannya di Sumsel, dirinya beserta jajaran akan menyusun rekomendasi-rekomendasi yang akan diberikan kepada Presiden RI untuk mendukung keputusan yang diambil.

Turut hadir Asisten Deputi Lingkungan Pemerintahan Wantannas RI, Brigjen TNI Joko Setyo Putro, Analis Kebijakan Bidang Keamanan Wantannas RI, Kolonel Fathur Rochman dan Para Kepala OPD Prov. Sumsel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *