Kandidat Calon Gubernur Sumsel 2024

Politik170 Dilihat

PALEMBANG, – Pemilu serentak bakal dilaksanakan 2024 mendatang. Beberapa nama untuk maju ke Sumsel 1 mencuat seiring berakhirnya masa jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru-H Mawardi Yahya (Petahana).

Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang digelar pada 2024, banyak masyarakat yang telah menjagokan pilihannya masing-masing. Tak jarang, nama-nama tersebut diyakini akan membawa perubahan dan kemajuan.

Kendati, banyak juga yang tetap menjagokan petahana. Mulai dari sederet publik figur, politikus, dan lainnya, mulai disebut-sebut untuk memimpin Bumi Sriwijaya.

Lantas, siapakah nama-nama calon yang akan maju menuju Sumsel 1 pada Pemilihan Gubernur Sumatera Selatan 2024 mendatang?

Diantaranya  H Herman Deru (HD) Petahana, Ir Eddy Santana Putra (ESP),

H Ridho Yahya, Tantowi Yahya dan Heri Amalindo pernah menjabat sebagai Penjabat Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) periode 2013-2015. Setelah masa jabatannya habis sebagai penjabat bupati, ia digantikan oleh Drs. H. Apriyadi, M.Si.

Kemudian, Heri Amalindo kembali menjabat sebagai Bupati PALI pada 18 Juni 2021 hingga sekarang. Heri Amalindo juga menjabat sebagai Ketua ICMI Orwil Sumatera Selatan.

Beberapa waktu lalu, di tengah kunjungannya ke Lubuklinggau, bertemu tokoh masyarakat dan pemuda Lubuklinggau, Musi Rawas Dan Muratara, Heri Amalindo menyampaikan kesiapannya untuk maju dalam pemilihan Gubernur Sumatera Selatan 2024 untuk menghadapi petahana Herman Deru.

H Herman Deru dilantik oleh Presiden Joko Widodo sebagai Gubernur Sumatera Selatan pada 1 Oktober 2018 lalu, dan akan mengakhiri jabatannya pada September mendatang. Sebelumnya, Herman Deru pernah menjabat sebagai Bupati Ogan Komering Ulu Timur dua periode sejak 2005 hingga 2015.

Pada kontestasi pemilihan Gubernur Sumatera Selatan 2018 lalu, Herman Deru bersaing untuk menduduki jabatan gubernur dengan anak mantan orang nomor satu di Sumatera Selatan H Alex Noerdin, yakni Dodi Reza Alex Noerdin.

Hasil duel pilkada tersebut, Herman Deru mengungguli perolehan suara rakyat sebanyak 1.394.438 orang atau persentase 35,96 persen. Sedangkan Dodi Reza Alex Noerdin mengantongi suara rakyat sebanyak 1.200.625 orang atau 30,96 persen.

Saat ini, banyak masyarakat di 17 kabupaten/kota tetap menginginkan Herman Deru untuk maju menjabat sebagai Gubernur Sumatera Selatan kedua kalinya pada periode 2024-2029. Kendati, sebagian dari mereka ada juga yang menginginkan tampuk kekuasaan di Sumatera Selatan digantikan oleh yang lain.

  1. Ir Eddy Santana Putra (ESP)

Eddy Santana Putra merupakan wali kota Palembang dua periode yang sekarang menjabat sebagai anggota DPR RI dari Partai Gerindra. Beberapa waktu lalu, Eddy Santana Putra mengatakan jika dirinya siap maju sebagai calon. Hal tersebut dikatakan Eddy Santana terkait dirinya sering disebut-sebut memiliki peluang maju dalam pilkada Gubernur Sumatera Selatan.

Eddy santana juga mengatakan jika sejumlah nama dari bupati di Sumatera Selatan, tokoh masyarakat, termasuk Anggota DPR RI juga memiliki potensi untuk mencalonkan diri dalam Pilkada tahun 2024.

Tak ayal, dorongan itu membuat tekad Eddy Santana Putra untuk maju ke kontestasi Pemilihan Gubernur Sumatera Selatan pada 2024 mendatang.

  1. H Ridho Yahya

H Ridho Yahya merupakan adik kandung dari Wakil Gubernur Sumatera Selatan,H Mawardi Yahya yang saat ini menjabat Wali Kota Prabumulih dua periode masa jabatan 2013-2018 dan 2018-2023.

Sebelumnya, Ridho Yahya pernah menjabat sebagai Wakil Wali Kota Prabumulih periode 2008-2013 berpasang dengan Dr Drs H Rachman Djalili MM.

Nama Ridho Yahya akhir-akhir ini mencuat dan digadang-gadang akan ikut maju pada pemilihan Gubernur Sumatera Selatan 2024 mendatang.

  1. Tantowi Yahya

Tantowi Yahya merupakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia masa jabatan 2009-2017 dari Partai Golkar. Tantowi Yahya saat ini menjabat sebagai Duta Besar Indonesia di Selandia Baru.

Sebagai anggota parlemen, Tantowi Yahya juga menjabat sebagai anggota Komisi I (Pertahanan, Intelijen, Luar Negeri dan Komunikasi) dan Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar-Parlemen (BKSAP).

Kakak kandung dari Helmy Yahya ini juga seorang pembawa acara di stasiun televisi. Sebelum menjadi politikus dan anggota parlemen, Tantowi dikenal sebagai pembawa acara serta ikon musik country di Indonesia.

  1. Heri Amalindo. Heri Amalindo pernah menjabat sebagai Penjabat Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) periode 2013-2015. Setelah masa jabatannya habis sebagai penjabat bupati, ia digantikan oleh Drs. H. Apriyadi, M.Si.

Kemudian, Heri Amalindo kembali menjabat sebagai Bupati PALI pada 18 Juni 2021 hingga sekarang. Heri Amalindo juga menjabat sebagai Ketua ICMI Orwil Sumatera Selatan.

Beberapa waktu lalu, di tengah kunjungannya ke Lubuklinggau, bertemu tokoh masyarakat dan pemuda Lubuklinggau, Musi Rawas Dan Muratara, Heri Amalindo menyampaikan kesiapannya untuk maju dalam pemilihan Gubernur Sumatera Selatan 2024 untuk menghadapi petahana Herman Deru.

 

  1. Ishak Mekki

Mantan Wakil Gubernur Sumatera Selatan periode 2013-2018 H Ishak Mekki memastikan akan kembali maju pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) pada tahun 2024.

Pada 2018 lalu, Ishak Mekki pernah mencalonkan diri sebagai Gubernur Sumatera Selatan berpasangan dengan Yudha Pratomo Mahyuddin. Namun usaha tersebut kandas.

Ishak Mekki memastikan jika diberikan amanah oleh partai akan kembali maju pada Pilgub 2024. Tahun ini, Ishak Mekki optimis dapat memenangkan kontestasi pemilihan Gubernur Sumatera Selatan 2024 mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *